4 hal berharga yang bisa kamu dapatkan dimasa perkuliahan


  “Kuliah”, hal yang paling didamba-dambakan oleh anak SMA sederajat ketika berbincang dengan teman-temannya. Banyak dari mereka yang ngebet ingin cepat cepat langsung kuliah supaya menghindar dari tugas yang kata mereka sangat banyak. Ketahuilah anak muda, kuliah tak seindah ekspektasi-mu ketika berada disituasi tersebut. :v

           Banyak kita melihat di internet yg membahas hal-hal seperti ini, sepintas saya setuju dengan hal ini. Karena mereka belum merasakan bagaimana menjadi Mahasiswa, yang mereka tahu itu “Kuliah kan enak kak, liburnya lama! 2 bulan mah tembus itu”. Membuat hati kecil ini tertawa terbahak-bahak.

            Mereka tidak tahu dibalik itu semua, ada kisah yg memilukan bersamanya :v. Mereka tidak tahu rasanya tidur tidak lebih dari 2 jam, syukur-syukur bisa tidur. Mereka tidak tahu rasanya di PeHaPe-in dosen. Mereka tidak tahu rasanya susah susah belajar tapi dapat nilai C, kalah saing sama mereka mereka yang kalau UTS ataupun UAS nengokin Hape. Mereka tidak tahu..... Ah sial...

             Tapi dibalik kisah pilu itu, pasti ada nilai positif yg kita dapatkan selama menjalani masa-masa kuliah, apa saja itu?

1.      Menemukan jati diri


          Banyak dari mereka yang awalnya adalah penuntut ilmu yang pasif didalam kelas apalagi diluar kelas menjadi kebalikannya setelah memasuki dunia perkuliahan. Aktif menjadi pengurus organisasi A, B, aktif menjadi panitia event ini itu. Ntah apa yang terjadi, tetapi seiring berjalannya waktu, orang-orang yang saya kenal sewaktu duduk dibangku SMK menjadi orang yg berbeda, sangat berbeda, tetapi berbeda menjadi lebih baik.

          Saya tidak tahu alasannya, karena saya sendiri menemukan jati diri setelah memasuki bangku SMK. Berawal dari masa-masa SMP yang suram, sampai akhirnya ketika duduk dibangku kelas 3, saya mengenal orang-orang yg kompetitif, dari segala hal. Inilah yang membuat saya berjanji pada diri sendiri akan berubah ketika duduk dibangku SMK. Saya yang dulunya Kuper, menjadi lebih percaya diri ketika bertemu ataupun berkenalan dengan orang yang baru. Yg dulunya diam diam dikelas ketika ada pertanyaan dari guru, padahal sudah tahu jawabannya, kini berani untuk maju kedepan kelas tidak peduli benar atau salah jawaban yg saya dapatkan.

          Dari situ saya berfikir, mungkin ini yang mereka rasakan ketika memasuki dunia perkuliahan. Bisa dari lingkungan, yg awalnya cuma ikut-ikutan masuk organisasi ini itu, setelah mengenal orang-orang yang baru, karakter mereka pun terbentuk dengan sendirinya. Atau dari diri sendiri, karena sudah lelah dengan keadaan yang dia alami.

2.      Skill berkomunikasi meningkat


              Ya, tanpa kita sadari, kemampuan kita berkomunikasi dengan sekitar sudah meningkat. Ada yg meningkat secara drastis ada juga yg secara bertahap, itu semua tergantung seberapa kita terbiasa berbicara didepan umum.

               Bukan hal yg mudah tentunya untuk berbicara didepan khalayak ramai, butuh keberanian yg besar untuk melakukannya. Banyak dari kita yg masih takut-takut untuk mengutarakan pendapat kita didalam suatu diskusi ataupun musyawarah. Takut salah ngomong, takut pendapat kita ditolak mentah-mentah bahkan dicemeeh, pokoknya banyak takutnya deh.

              Nah, kok bisa sih skill komunikasi kita bertambah? Satu alasan yang pasti adalah karena kita sudah terbiasa melakukan presentasi di depan kelas di jam kuliah. Yah tergantung dikamunya juga sih, kalau kamu presentasi cuma baca slide, jangan harap deh bisa mengasah kemampuan berbicara kamu. Alih alih paham materi, baca slide aja masih banyak salah-salahnya. Inilah kasus yg banyak saya temui di perkuliahan.

              Lalu bagaimana caranya agar kita berani untuk public speaking seperti itu?

  • Hal yg pertama kamu lakukan setelah mendapatkan materi adalah memahami materi itu sendiri. Kan lucu kalau kamu sendiri gak paham, tapi ngotot supaya audience paham apa yg kita ucapkan.
  • Lupakan persepsi kamu akan melakukan kesalahan ketika menyampaikan materi.
  • Bangun rasa percaya diri, ini nih yg sulit untuk dilakukan.
  •     Apabila kamu nervous atau gugup ketika presentasi berlangsung, tips dari saya adalah lakukan gerakan-gerakan ringan (body language), seperti gambar berikut :


           Dijamin rasa gugup kamu sedikit berkurang, karena saya sendiri sering melakukannya. Masih banyak lagi gerakan lain yg bisa kamu lakukan seperti menyampaikan materi sambil berjalan, dan lain sebagainya.

3.       Mulai terbiasa bekerjasama


             Ya, kerjasama. Kamu pasti sering mendengar dari dosen dosen kamu “teamwork itu penting, karena didunia kerja kalian tidak akan bekerja secara sendiri sendiri, kalian akan bekerja dengan tim”. Memang benar, didunia kerja kita akan bekerja sesuai divisi kita, dalam satu divisi terdapat beraneka ragam watak dan sifat orang didalamnya, kita dituntut untuk bisa bekerjasama dengan mereka. Lain cerita kalau kamu buka usaha sendiri.

             Lalu mengapa kita terbiasa bekerjasama? Dalam perkuliahan, dosen menilai kita dengan nilai mandiri dan nilai terstruktur. Nilai mandiri adalah nilai perindividu, dimulai dari tugas mandiri, keaktifan didalam kelas, dan lain sebagainya. Sedangkan nilai terstruktur, dosen mengambilnya dari cara kita bekerja dalam tugas kelompok.

           Dosen akan tahu siapa yg membuat, siapa yg paham, dan siapa yg hanya menjadi benalu didalam kelompok tersebut. Selama kita mengerjakan tugas kelompok, kita berdiskusi, saling mencurahkan isi pikiran kita, jadi seiring berjalannya waktu, kita sudah terbiasa teamwork.

          Tetapi faktanya, masih banyak mahasiswa-mahasiswa yg sangat terpelajar ini enggan untuk berkontribusi didalam kelompoknya, seperti meme dibawah ini :





4.       Mendapatkan teman luar daerah


              Ini nih, hal positif berharga lainnya yg bisa kita dapatkan selama diperkuliahan. Dapat teman baru luar daerah. Bermacam-macam budaya dan bahasa bisa kita pelajari secara gratis..tis..tis. Selain itu kita bisa saja diajak kekampungnya ketika liburan semester. Kan mayan liburan ngirit wkwkwkw.

             Itulah 4 hal positif yg bisa kita dapatkan selama mengenyam bangku perkuliahan, sebenarnya masih banyak yg bisa kita dapatkan dalam perkuliahan. Tetapi kalian bisa cari tahu sendiri dengan mengeksplorasi dunia perkuliahan versi kalian.


Source gambar by google

Seorang pemuda yg berkecimpung di dunia pemrograman yg berawal dari ketidaksengajaan sampai akhirnya berkelanjutan sejak dulu, kini, hingga nanti~

Previous
Next Post »
0 Komentar